Rabu, 02 Februari 2011

Kalor

Errr. Postingan pertama saya di bulan Februari. Oke. Hari ini saya memulai bab baru di pelajaran Fisika. KALOR. Sekali lagi, KALOR, bukan KOLOR. Oke? Ya, tadi guru saya memberikan soal 'pembuka' yang sangat-gaul-sekali. Ehm. Kenapa saya pakai bahasa tidak efektif, ya? Sudahlah. Lupakan. Baiklah, selamat mencoba mengerjakan, ya!

###

Tono mau mandi, karena cuacanya lagi hujan dan udaranya dingin banget, maka dia meminta bantuan Bi Inah untuk memasak air. Nah, ketika Bi Inah sedang memasak, Tono ikut nimbrung ngrecokin Bi Inah.

1) Bi, coba kalo kita masak air dengan dua panci, yang satunya airnya satu gayung, terus yang kedua airnya empat gayung. Nah, yang lebih cepat panas itu yang mana ya Bi? Tolong jelasin dong! Kok bisa ya?

2) Terus, kalau misalnya kita masak air, yang satunya suhunya 20°C, terus yang satunya suhunya 40°C, yang lebih cepat panas yang mana ya Bi? Hubungannya apa ya di antara kalor sama suhu? Jelasin ya, Bi!

3) Oya Bi, Bi Inah kan punya minyak sama ada air tuh di gentong, kalo kita masak keduanya bareng-bareng, yang lebih cepat panas itu yang mana ya Bi? Kok bisa begitu? Tolong jelasin ya!

4) Bi, kedua airnya udah mendidih tuh, aku mau mandi. Tolong dong Bi, gimana caranya supaya aku bisa mandi dengan air yang hangat? Kok bisa airnya jadi hangat ya?

5) Wah, kalo gitu, kalor itu apa tho Bi? Yang mempengaruhi besarnya kalor itu apa ya Bi?

###

Nah, nah. Sekarang, coba dong kalian kerjakan! Oke?

1 komentar:

  1. mesti bibinya bakal jwb kyk gini :

    NANYA KOK AKEH NEMEN! MUMET AKU!

    BalasHapus