Sabtu, 23 Oktober 2010

Kode Keamanan Plastik

Kode keamanan plastik ini berbentuk segitiga. Biasanya, kita melihat kode ini di kemasan plastik, atau di benda yang terbuat dari plastik. Kode ini sangat penting, sebab kode ini merupakan petunjuk penggunaan plastik. Dan, tahu nggak, kesalahan penggunaan plastik bisa berakibat buruk pada kesehatan kita, lho! Penasaran? Yuk, kita lihat!


1>> PETE atau PET (polyethylene terephthalate)

Kode ini biasanya ada di botol plastik tembus pandang. Misalnya botol air mineral, atau botol minuman siap minum yang lainnya. Plastik berkode seperti ini, hanya boleh sekali pakai. Jadi, kalau isi kemasan sudah habis, sebaiknya jangan digunakan lagi. Apalagi bila diisi dengan air hangat atau air panas. Soalnya, bisa menyebabkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik. Artinya, bisa memicu penyakit kanker pada jangka panjang.


2>> HDPE (high density polyethylene)

Kalau kode ini, biasanya dipakai untuk botol berwarna putih susu, galon air minum, atau kursi. Untuk makanan biasanya dipakai untuk susu siap minum. Di kemasan makanan, botol semacam ini juga sekali pakai, seperti kode PET.


3>> V atau PVC (polyvinyl chloride)

Ini adalah bahan plastik, yang paling sulit didaur ulang. Contohnya seperti plastik pembungkus dan botol-botol. Kandungan bahan plastik ini bisa lumer dan bercampur ke dalam makanan dalam suhu -15ÂșC. Wah, akibatnya berbahaya sekali, lho! Yaitu, dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan hati!


4>> LDPE (low density polyethylene)

Plastik jenis ini biasanya digunakan untuk makanan dan plastik kemasan. Terasa lembek atau lentur. Plastik pembungkus makanan atau botol dengan kode ini cukup aman digunakan. Hanya, jenis plastik ini hampir tidak dapat dihancurkan.


5>> PP (polypropylene)

Nah, plastik dengan kode ini paling aman dan baik untuk makanan dan minuman. Biasanya plastik ini digunakan untuk tempat makanan dan botol susu bayi. Biasanya plastiknya berwarna transparan, bening, dan tembus pandang. Jadi, kalau mencari tempat bekal, pilih yang berkode ini!


6>> PS (polystyrene)

Contoh plastik berkode ini adalah kemasan styrofoam, yang biasa digunakan untuk wadah makanan atau minuman sekali pakai. Bahan Polystyrene ini bisa bercampur ke dalam makanan, saat makanan diisikan ke dalam wadah ini. Bahan ini bisa menjadi berbahaya untuk otak dan sistem syaraf!


7>> Other atau polycarbonate

Kode 7 ini biasanya ada 4 macam. Yaitu : SAN (styrene acrylonitrile), ABS (acrylonitrile butadiene styrene), PC (polycarbonate), dan Nylon. Plastik ini biasanya digunakan untuk tempat makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga, komputer, dan sebagainya. Plastik dengan kode 7 SAN dan ABS ini baik dan aman digunakan untuk makanan dan minuman. Hanya saja, yang kode PC sebaiknya tidak digunakan untuk makanan dan minuman, karena bahan ini bisa mengeluarkan zat yang berbahaya bagi kesehatan kita.


Akan tetapi, di Indonesia belum banyak plastik yang mencantumkan kode ini. Jadi, sebaiknya kita memakai plastik yang mencantumkan kode, ya! Agar kesehatan kita terjaga keamanannya!


(sumber : Majalah Bobo no. 27/XXXVI, edisi 9 Oktober 2008, dengan pengubahan seperlunya)

1 komentar: